Alasan yang Bikin Sarang Burung Walet Harganya Selangit

Harga sarang burung walet di salah satu online commercial center mencapai Rp 350 ribu per 17 gram. Itu berarti 1 gramnya dijual dengan harga Rp 20 ribuan. Jadi, kalau sekilo, harganya bisa mencapai Rp 20 jutaan.

Sayangnya, mustahil ada yang jual sebanyak 1 kilogram. Soalnya barang ini langka banget. Negligible pembelian sarang burung walet itu 17 gram.

Harga sarang burung walet bisa semahal itu tentu bukan tanpa alasan. Burung walet sendiri dikenal sebagai burung yang unik. Burung ini mudah sekali dikenali dari bentuk sayap dan ekornya yang meruncing bagaikan sabit.

Hebatnya, burung walet menggunakan air liurnya buat bikin sarang. Usut punya usut ternyata sarang burung walet dari air liur ini punya banyak manfaat. Tentu aja ini salah satunya yang bikin harga sarang burung walet mahal.

Emangnya apa lagi istimewanya sarang burung walet sehingga harganya mahal? Ini alasannya.

Harga sarang burung walet bisa begitu mahal karena disebut-sebut punya nilai gizi yang tinggi. Dikutip dari MSN, sarang burung walet punya kandungan protein, antioksidan, sarang burung walet kalsium, dan kolagen yang tinggi.

Di Cina sarang burung walet lebih sering dimasak sebagai sup. Diteliti lebih lanjut, ternyata sup sarang burung walet memiliki sejumlah kandungan gizi, seperti:

Kalori: 345

Lemak: 2 gram

Karbohidrat: 31 gram

Protein: 50 gram

Di balik nilai gizinya yang tinggi, sarang burung walet punya beberapa khasiat buat kesehatan maupun kecantikan. Buat kesehatan, sarang burung walet dapat mengembalikan stamina tubuh wanita, terutama setelah melahirkan.

Khusus ibu hamil, mengkonsumsi sarang burung walet bisa bikin bayi dalam kandungan bersih. Kulit bayi quip jadi sehat, bersih, dan halus.

Paru-paru quip bisa bersih karena sarang burung walet mengandung glyco protein. Kandungan yang satu ini juga bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh dan meregenerasi sel.

Sejarahnya, sarang burung ini dijadikan bahan olahan sup buat disajikan ke raja di Cina di masa lampau. Cuma raja dan bangsawan yang bisa menikmatinya karena harga sarang burung walet sangat mahal waktu itu.

Kini, saking lezat rasanya, sarang burung walet dijual sebagai sajian di restoran first class. Seberapa mahalkah sajian burung walet ini?

Dari penelusuran yang dilakukan MoneySmart, Restoran Teratai di Hotel Borobudur menjual menu makanan sarang burung walet dengan harga Rp 228 ribu – Rp 480 ribu. Harga segitu pastinya bisa buat traktir beberapa teman sekaligus tuh kalau belinya bakso.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *